Tak ditambah air atau tepung, ini trik bikin telur dadar makin tebal dan antikempis meski sudah dingin - Resep Masakan
Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tak ditambah air atau tepung, ini trik bikin telur dadar makin tebal dan antikempis meski sudah dingin

 


Saat masak lauk di dapur, biasanya orang-orang memilih menu paling simpel untuk dibuat. Pasalnya, tak semua orang punya banyak waktu untuk bikin lauk yang ribet.

Salah satu bahan lauk yang sering jadi andalan banyak orang adalah telur. Banyak menu bisa dibuat pakai telur. Misalnya telur rebus, sup telur, telur ceplok, sampai yang paling digemari yakni telur dadar. Telur dadar dikenal simpel dan enak, terutama jika dimakan pakai nasi, sambal, serta sayuran favorit.

Meski enak, tapi telur dadar yang dimasak begitu saja biasanya dianggap kurang mengenyangkan karena bentuknya tipis. Supaya makin tebal akhirnya tak sedikit orang menambahkan berbagai bahan, seperti air ataupun tepung. Tetapi walau sudah ditambah air dan tepung, telur dadar kerap hanya tebal di awal, lalu mengempis saat suhunya sudah dingin.

Sebenarnya ada bahan tambahan lain selain air dan tepung untuk menambah volume telur dadar. Teknik tersebut sempat dibagikan oleh warganet bernama Ardiyanti melalui YouTube Ardiyanti Ulyana.

"Teksturnya padat, padahal ini pakai telur ayam lho, apalagi kalau pakai telur bebek," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Ardiyanti Ulyana pada Kamis (10/8).

Pertama-tama, pecahkan 4 sampai 5 butir telur di mangkuk. Jangan lupa beri bumbu seperti garam dan lada biar rasanya lebih gurih. Kocok telur pakai garpu atau whisk sampai semua bahan tercampur rata. Sisihkan dulu telur yang sudah dikocok tersebut.



Siapkan mangkuk yang agak besar, lalu masukkan bahan bumbu lainnya seperti potongan daun bawang, cabai, bawang merah, serta bawang putih. Setelah itu, masukkan bahan yang bisa bikin telur dadar jadi tebal, yaitu tahu yang dipotong-potong kecil. Ardiyanti mengaku ia suka pakai tahu putih karena teksturnya lembut.

Selanjutnya, tuang telur yang sebelumnya sudah dikocok ke mangkuk berisi campuran tahu dan aneka bumbu iris. Aduk sampai semua bahan adonan telur dadar tercampur sempurna. Namun, sebaiknya aduk perlahan saja supaya potongan tahunya tidak hancur.

Jika sudah, langsung masak adonan telur dadar menggunakan teflon berisi sedikit minyak yang sudah dipanaskan. Tutup teflon dan masak hingga sisi bawah telur dadar kecokelatan selama 10 menit. Kemudian balik telur dadar dan masak selama 5 menit hingga sisi yang satu lagi juga matang dan kecokelatan.
Biar tidak hancur, telur dadar bisa dibalik dengan cara menahan tutup teflon sambil membalik teflonnya. Saat telur dadar sudah berada di atas tutup teflon, kembalikan teflon ke atas kompor dan masukkan lagi telur dadarnya secara perlahan. Setelah matang sempurna, telur pun siap dihidangkan.
"Makan satu potong sama nasi kenyang banget ini," cetusnya.


Wah, hasil telur dadar yang diberi isian tahu ini begitu tebal banget, kan? Buat yang gemar makan telur dadar, pasti sudah ngiler, nih.

Sejumlah warganet di kolom komentar unggahan YouTube Ardiyanti Ulyana pun mengaku tertarik masak telur dadar seperti ini juga, lho. Video ini pun sudah mendapat lebih dari 5 juta viewers.

"Telur dadar tahu dengan bumbu spesial rasanya enak lezat dan lembut ," puji YouTube @serba_serbi.
"Penjelasan yg sangat jelas singkat dan gak ribet, serta cara membalik telur sangat menginspirasi emak" yg biasanya kesulitan jika pk wjan teflon sprt itu. Saya suka sekali,trimakasih ya sdh berbagi.sukses buat anda," ujar YouTube @tiniksudarini5919.
"Udah nyoba dan emang enak sungguh!! Terimakasih resepnya kak!" seru YouTube @gracesihotang7103.


Posting Komentar untuk "Tak ditambah air atau tepung, ini trik bikin telur dadar makin tebal dan antikempis meski sudah dingin"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel